Review Tablet: Samsung Galaxy Tab S

August 6, 2014 — 1 Comment

Dalam kurun waktu setahun belakangan, Samsung terlihat sangat berbenah di pengembangan produknya, hal ini terlihat ketika beberapa waktu yang lalu, saya diundang untuk mencoba tablet keluaran terbaru kelas premium, Samsung Galaxy Tab S. Selama ini di benak saya, terpatri bahwa produk Samsung tidaklah terlalu spesial, apalagi di kelas tablet. Namun, persepsi tersebut berubah drastis ketika diberikan kesempatan untuk mencoba secara langsung Samsung Galaxy Tablet S. Ada 2 hal yang membuat saya kagum dengan produk Samsung Galaxy Tab S tersebut. Secara produk dan secara kemasan marketing (paket konten dalam penjualan). Secara hardware, yang jadi andalan tentunya penggunaan layar dengan teknologi Super AMOLED, yang mempunyai resolusi 1600×2560. Mata ditanggung jadi nyaman banget ketika melihat video dan foto. Apalagi kalau video yang dilihat sekualitas HD, makin dimanjakan sekali. Kepekatan, ketajaman layar, dan kualitas gambar menjadi detail tak terkira! Kecerahan warna yang ditampilkan dari penggunaan Super AMOLED ini, menjadikan saya terlena banget untuk melihat beberapa video klip yang ditampilkan dalam uji coba produk tersebut. Dari pembicaraan dengan teman yang juga diundang dalam acara ini, Samsung Galaxy Tab S adalah tablet pertama yang mengimplementasikan layar Super AMOLED.

Tampilan Layar Super AMOLED Samsung Galaxy Tab S

Tampilan Layar Super AMOLED Samsung Galaxy Tab S

Spesifikasi hardware lain yang dapat diandalkan adalah dukungan chipset Exynos 5420 dengan prosesor Octacore dan didukung grafis GPU Mali-T682. Dengan dukungan prosesor oktacore, semua aktivitas multimedia maupun gaming dijamin lancar dan nyaman. Plus dukungan RAM 3GB yang ditanamkan pula Sistem Operasi KitKat 4.4.2. Tablet ini didukung dengan media penyimpanan internal sebesar 16GB dan mendukung penyimpanan eksternal (SD Card) sampai 64GB. Hal plus lainnya yang sangat penting adalah kapasitas baterai sebesar 4,900mAH. Kami sempat memainkan Game Asphalt 8 yang terlihat sangat keren grafisnya dan lancar tanpa kendala ketika memainkannya. Banyak orang membeli tablet atau smartphone, selain menanyakan mengenai kemampuan hardware, biasanya juga menanyakan kemampuan kamera yang ditanamkan. Nah, jangan kuatir deh mengenai hal itu. Di Galaxy Tab S ini, disematkan 2 kamera, untuk kamera belakang mempunyai kemampuan 8MP dengan dilengkapi fitur LED flash dan auto fokus. Untuk kamera depan yang bisa digunakan selfie, kemampuannya 2MP.

Selain itu, ada beberapa fitur yang berkaitan erat dengan kemampuan hardware, yang layak jadi pertimbangan utama yaitu; Adaptive Display, SideSync, Multi User Mode, Fingerprint Scanner, dan Kids Mode. Adaptive Display di Samsung Galaxy Tab S adalah sebuah fitur teknologi di layar. Adaptive Display memastikan bahwa tampilan visual di layar akan disesuaikan dengan keadaan sekitar. Kalau di tempat yang pencahayaannya rendah, maka layar akan otomatis menyesuaikan. Penyesuaiannya bukan hanya di tingkat cerahnya layar, namun juga menyesuaikan dengan tingkat saturasi, ketajaman warna dan temperatur warna yang sesuai dengan kondisi tempat kita berada. Terlihat pada gambar bagaimana Ario Pratomo , salah seorang tech blogger mencoba kemampuan fitur Adaptive Display.

Ario Pratomo Sedang Mencoba Fitur Adaptive Display.

Ario Pratomo Sedang Mencoba Fitur Adaptive Display.

SideSync 3,0 di Samsung Galaxy Tab S, adalah sebuah fitur yang menjamin tablet ini untuk dapat berkolaborasi dengan Smartphone keluaran Samsung. Dalam uji coba kemarin, diperagakan kolaborasi antara Samsung Galaxy Tab S dengan smartphone Samsung Galaxy S5. Para pengguna yang sedang bekerja atau sekedar menikmati hiburan via Samsung Galaxy Tab S, tidak perlu bersusah payah beranjak untuk mengambil Smartphone Samsung Galaxy S5 ataupun Samsung Galaxy Note 3, ketika ada panggilan telepon. Dengan mengaktifkan fitur SideSync ini maka panggilan dapat diterima langsung dari Samsung Galaxy Tab S. Terkesan sepele, tapi ini penting, karena tangan manusia hanya ada 2, dan ketika sedang berinteraksi dengan tablet maka perlu kedua tangan untuk aktif memegangnya. Dengan fitur ini, maka mengurangi beberapa tahapan langkah dalam merespon panggilan telepon ke smartphone, yang dapat digunakan untuk kepentingan yang lain. Terlihat di gambar, Hadi Gunawan, salah seorang tech blogger mencoba fitur SideSync 3,0 di Samsung Galaxy Tab S berukuran 10,5” dengan Samsung Galaxy S5.

Hadi Gunawan mencoba fitur SideSync Samsung Galaxy Tab S dengan Samsung Galaxy S5

Hadi Gunawan mencoba fitur SideSync Samsung Galaxy Tab S dengan Samsung Galaxy S5

Selain dua fitur tersebut, ada fitur lain yang patut jadi catatan, yaitu: Multi user mode, Fingerprint Scanner dan Kids Mode. Ketiga fitur tersebut lebih mengarah kepada perhatian Samsung terhadap keamanan akses. Dengan multi user mode, seseorang pengguna dapat membuat profil personalnya hingga 8 user. Fingerprint scanner dan Kids Mode membuat keamanan akses di dalam Samsung Galaxy Tab S makin terjamin. Hal lain di sisi hardware yang juga bisa jadi perhatian adalah tentang bentuk dan berat dari tablet ini. Bentuknya sendiri sangatlah tipis, Samsung Tablet Galaxy Tab S ini mempunyai dua ukuran layar, 8,4” dan 10,5”. Keduanya mempunyai bentuk tablet yang tipis, setipis 5 buah kartu ATM atau Kartu Kredit. Tablet ini sangatlah terasa ringan ketika digenggam di tangan, beratnya kurang lebih 287 gram dengan ketebalan body 6.6 mm. Saya pribadi lebih menikmati ketika menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab S yang berukuran 8,4”. Sangat cocok dan nyaman ketika dioperasikan.

Ukuran Samsung Galaxy Tab S yang tipis dan ringan. Setebal tumpukan 5 buah kartu ATM.

Ukuran Samsung Galaxy Tab S yang tipis dan ringan. Setebal tumpukan 5 buah kartu ATM.

Samsung Galaxy Tab S 10.5" dan Samsung Galaxy Tab S 8.4".

Samsung Galaxy Tab S 10.5″ dan Samsung Galaxy Tab S 8.4″.

Paket konten yang terkemas dalam paket penjualan Samsung Galaxy Tab S ini, patut diacungi jempol. Saya pribadi, kagum dengan paket kontennya, yang sangat susah ditolak oleh konsep matematika para penikmat gadget. Perlu diketahui, Samsung sangat berbenah bukan hanya di sisi hardware, juga di sisi ekosistem konten. Saya melihat di Samsung Galaxy Tab S disematkan aplikasi S Lime (Samsung Library Time) yang dari penglihatan saya, nampaknya disiapkan sebagai jangkar konten di seluruh produk teknologi berbasis tablet. Untuk saat ini, di dalam S Lime terdapat konten ePaper dan eMagazines. Di paket penjualan Samsung Galaxy Tab S ini, terdapat gratis akses Kompas ePaper selama 3 Bulan dan gratis akses eMagazines sebanyak 20 majalah selama 12 bulan. Total value dalam rupiah sebesar Rp 2.650.000. Luar biasa bukan? Selain paket lokal konten, terdapat pula tambahan paket akses konten global senilai kurang lebih $1,180.27. Kalau kita kurskan paket tersebut dengan kurs 10,000 sih sudah senilai 11 juta rupiah lebih. Konten apa sajakah yang senilai itu? Konten Marvel! Pembeli Samsung Galaxy Tab S, akan mendapatkan hak akses terhadap 15,000 lebih komek Marvel dan berlangganan gratis 3 bulan melalui aplikasi Marvel Unlimited. Sangat gurih! Saya pribadi nampaknya berancang ancang untuk dapat memiliki Samsung Galaxy Tab S ini yang berukuran 8”. Semoga ada yang berniat baik untuk memberikannya ke saya, ya syukur syukur gratis atau setengah harga. Ngarep sekali ya… 😀

Trackbacks and Pingbacks:

  1. Samsung Galaxy Gift, Hadiah Versi Digital Untuk Konsumen Loyal. « Rumah Digitalnya Cak Uding - December 11, 2015

    […] Gift, sebenarnya telah lama sekali. Sewaktu tahun 2014 pertengahan, saya membeli sebuah tablet Samsung Galaxy Tab S,  diinfokan bahwa para pembeli Samsung Galaxy dapat menginstall aplikasi ini untuk menerima […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s